Belajar PHP Pemula


Lazada Indonesia
PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk membuat website dinamis, PHP juga bersifat open source alias gratis dan siapa saja boleh mengembangkannya makanya PHP banyak sekali digunakan oleh para web master, PHP bisa digabungkan dengan bahasa program yang lain seperti HTML.

Untuk bisa menjalankan di PC kita, kita perlu menginstal software tambahan karena PHP berbeda dengan HTML yang bisa langsung dilihat di browser karena PHP terkoneksi dengan database maka kita harus membuat database terlebih dahulu agar nantinya data dari database bisa dipanggil oleh PHP dan ditampilkan di browser.

Database yang sering dipasangkan dengan PHP adalah My SQL mungkin karena sifatnya yang sama dengan PHP yaitu gratis, siapa sih yang gak mau barang gratisan...heheheh ? wah...banyak juga ya.. yang perlu di Instal, tenang dulu sobat kita tidak perlu menginstal satu per satu karena sekarang PHP dan My SQL sudah ada dalam satu paket yaitu dalam paket XAMPP sobat tinggal Googling aja pasti nemu deh.... xampp juga gratis lho... nah jadi tunggu apa lagi ayo mulai belajar..

O ya selain tiga software diatas sobat juga perlu satu lagi software untuk menuliskan skrip-skrip PHP, kalo ada sih Adobe Dreamwaver kalo gak ada Notepad++ juga sudah cukup, oke untuk langkah pertama kita instal dulu XAMPP nya di komputer kita ingat komputer sendiri yang jangan punya tetangga... hehhehehe just kidding..!!

Berikut angkah-lankah nya : Pertama buka installer xampp yang telah anda download klik dua kali untuk menjalnkan



Kemudian pilih lokasi mana anda ingin menginstal program xampp, biasanya di C kemudian klik next






Klik next lagi





Jangan lupa centang pada pilihan Instal Apache as service dan Instal Mysql as service lalu klik instal




Ini adalah proses penginstalan xampp




 Kemudian klik finish


Jika muncul tampilan seperti Dos biarkan saja nanti hilang sendiri




Nah jika sudah terinstal coba buka sobat buka di Sytem C pada PC sobat maka akan ada sebuah folder yang bernama xampp, dan coba buka browser dan ketikan localhost jika sudah ada tampilan sperti gambar dibawah berarti xampp di PC anda sudah jalan. Dan sobat bisa menyimpan file-file php dan lainnya di Sytem C keudian klik xampp dan htdocs biar nantinya bisa ditampilkan di browser.


O ya ini xampp untuk OS Windows jika sobat memakai OS Linux maka sobat download untuk versi Linux nya. selamat mencoba dan sukses selalu wassalam.
Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Belajar PHP Pemula"

  1. manteb gan, keep post tentang phpnya y ^_^

    BalasHapus
  2. Tulisan ini sebenarnya catatan pribadi aja selama belajar php biar gak lupa.... tapi daripada disimpen sendiri mending dibagi-bagi...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya silahkan tinggalkan komentar