Cara Membuat Busur Panah Dari Paralon Tipe Longbow

Cara membuat busur panah dari paralon | Busur panah awalnya dipergunakan sebagai senjata untuk berperang atau berburu pada jaman dahulu, namun kini memanah lebih kepada hobi atau olahraga, dan sudah resmi jadi salah satu cabang olahraga yang diperlombakan di berbagai event olahraga nasional maupun internasional.

Ada berbagai macam tipe busur panah, biasanya mewakili dari daerah mana busur itu berasal, sejauh ini ada 2 jenis busur panah yang familiar atau cukup terkenal, ada tipe longbow dan tipe horsebow, longbow berasal dari Inggris, jika pernah nonton film Robin Hood pasti tau panah panjang yang dipakai nya, nah itu longbow, bentuknya panjang melengkung tanpa banyak lekukan, untuk horsebow sendiri ukuran nya tidak sepanjang long bow, mungkin karena asalnya dari asia yang umumnya ukuran badan nya pendek-pendek makanya ukuran nya juga lebih pendek.

cara membuat panah dari paralon


Saya tidak akan bahas asal-usul kedua panah ini lebih jauh, disini saya mau sharing bagaimana cara membuat busur dari bahan paralon atau pipa pvc, walaupun dari beberapa info yang saya dapat bahan pvc ini tidak terlalu bagus untuk dijadikan busur, dan juga jangkauan nya tidak terlalu jauh, namun dengan perlatan yang minim saya pikir bahan pvc lah yang bisa saya jadikan busur, mengingat membuat busur dengan bahan kayu atau fiber memerlukan perlatan yang lengkap dan biaya yang tak sedikit.

Nah untuk mesiasati kekuatan jangkauan yang tidak terlalu jauh dikarenakan kekuatan rentangan nya yang agak sedikit lemah, diperlukan sedikit modifikasi pada busur yang akan kita buat dan bentuk dibawah inilah yang nantinya akan saya buat.


cara membuat panah dari paralon

Kebetulan saya sudah nonton video nya si mister ini, dan saya lihat kekuatan busur hasil modifikasinya lumayan kuat dibanding longbow yang tanpa tambahan busur kecil di depan nya.

Oke kita langsug saja bahan dan perlatan apa saja yang harus kita siapkan untuk membuat busur panah dari pvc ini :

Bahan :

- Pipa pvc 3/4 inc panjang 130 cm
- Pipa pvc 3/4 inc panjang 90 cm
- Benang Nilon
- Lakban Hitam

Peralatan :

- Gergaji besi
- Hot Gun / kompor
- Mal / Cetakan panah

Cara pembuatan nya : Pertama-tama panaskan pipa pvc dengan menggunakan hot gun, atau jika tidak ada bisa dipanaskan diatas kompor, panaskan dengan perlahan usahakan jangan terlalu lembek, jika sudah agak lembek bentuk pvc dengan menggunakan mal atau cetakan yang sudah kita siapkan atau bisa juga kita bentuk dengan tangan kita sendiri atau menggencet nya dengan papan atau balok kayu, atau dengan barang-barang yang ada disekitar kita seperti si mister dibawah ini yang menggunakan perabotan rumah tangga untuk membentuk busur panah, intinya jadilah kreatif, kecuali jika anda memang sudah memiliki peralatan yang lengkap.



Dibawah ini adalah contoh cetakan dari kayu untuk membentuk busur yang kita inginkan, membuat cetakan seperti ini cukup membantu dan praktis, sehingga pembuatan panah bisa jadi lebih cepat.

cara membuat panah dari paralon

cara membuat panah dari paralon

Tips agar pipa paralon tidak terlalu gepeng ketika di jepit atau di bengkokkan saat dibentuk, anda bisa memasukan pasir halus kedalam paralon sehingga paralon tidak terlalu gepeng ketika dijepit dan ada sedikit rongga agar kita bisa memasukan bambu agar kekuatan busur panah bisa lebih kuat, karena jika hanya mengandalkan kekuatan pipa paralon kekuatan nya tidak cukup kuat untuk ukuran busur panah standar.

Selanjutnya kita tinggal membuat tali busur dengan benang nilon, cara nya siapkan 2 lembar benang nilon masing-masing panjangnya 190 cm satukan salah satu ujung nya, putar benang kearah yang sama secukupnya kemudian dekatkan, maka benang memelintir dan menyatu dengan sendirinya, kemudian kita bisa memasangkan nya pada busur yang sudah kita buat, atau jika anda malas membuatnya, anda bisa membeli tali kur di toko kain.

longbow-size

Sekian tutorial cara mebuat busur panah dari pipa paralon semoga bermanfaat, kritik saran dan masukan silahkan berkomentar dibawah.

Subscribe to receive free email updates: