Cara Pasang Widget Google Custom Search


Lazada Indonesia
Sebenarnya Google telah memberikan layanan khususnya kita para blogger untuk memasang widget google pencarian di blog kita, yaitu dengan menambah widget pada halaman rancangan di akun blog kita dan tambahkan penelusuran, Namun saya tertarik dengan search engine ketika berkunjung ke blog nya Mas Doyok search engine yang dipasang ketika kita mengetikan keyword yang kita maksud link nya menuju tab baru dan
khusus untuk keyword yang berhubungan hanya dengan blog Mas Doyok saja.


Seolah-olah kita mempunyai search engine pribadi, saya pun coba googling sana-sini akhirnya saya menemukan kodenya di http://www.esc-creation.com/code/google.txt setelah saya copas dan pasang, memang kode itu berfungsi namun tidak sesuai keinginan saya yaitu mengarah ke halaman yang berisi link khusus dari blog saya sendiri, ahkirnya saya coba lagi cari-cari informasi dan akhirnya saya dapat informasi ternyata untuk bisa seperti itu ita perlu mendaftar lagi di http://www.google.co.id/cse/ dihalaman itu kita bisa membuat Google Custom Search.
1. Anda klik tulisan “Buat Mesin Telusur Ubahsuaian” kemudian anda akan dibawa pada halaman baru dan anda diminta untuk masuk menggunakan akun Google anda.

2. Setelah masuk anda diharuskan mengisi kolom yang telah disediakan untuk member nama mesin telusur anda, nama yang dipakai bebas terserah anda bisa juga menggunakan nama anda atau blog anda ini hanya sekedar pembeda saja. Kemudian anda mengisi mesin telusur contoh Ilmu Iklim dari Ahli Iklim.

3. Pilih Bahasa yang ingin anda gunakan.

4. Cantumkan situs yang ingin anda telusuri pada Google Search anda :

Memformat URL Anda
• Laman terpisah: Menetapkan www.situssaya.com/lamansaya.html hanya akan menyertakan laman lamansaya.html pada www.situssaya.com.

• Seluruh situs: Menetapkan www.situssaya.com/* akan berisi semua laman pada www.situssaya.com.

• Bagian dari situs: Anda dapat menggunakan pola wildcard untuk hanya menyertakan bagian tertentu dari situs. Misalnya, www.situssaya.com/*tentang* hanya akan berisi berkas pada www.situssaya.com yang memiliki tentang dalam namanya.

• Seluruh ranah: Anda juga dapat menetapkan seluruh ranah menggunakan *.ranahsaya.com. Jika Anda menetapkan ranahsaya.com, kami akan mengkonversinya secara otomatis ke *.ranahsaya.com/*. Jika bukan ini yang Anda inginkan, silakan ubah kembali di panel kontrol.
Ini saya ambil dari tutor Google.

5. Kemudian anda pilih edisinya :

Edisi standard : Gratis akan ada iklan dari Google pada tiap lamannya.

Atau edisi berbayar $100 per tahun tanpa ada iklan Google didalamnya.

Jika sudah klik anda setuju persyaratan yang diajukan kemudian klik tombol lanjut.

Nah Google Custom. Search  anda sudah jadi dan email confirmasi akan dikirim ke email Google anda (Gmail) kemudian anda coba mesin telusur anda.

6. Buka email anda jika sudah sukses anda akan dikirim link untuk mengkonfirmasi akun Google Custom. Search  anda, anda akan dikirimi kode unik akun Google Telusur Kustom anda.

Pada kode yang ini :

<form action="http://www.google.com/cse" id="cse-search-box" target="_blank">
<div>
<input type="hidden" name="cx" value="partner-pub-0151289914910336:5mheztq8ksi" />
<input type="hidden" name="ie" value="ISO-8859-1" />
<input type="text" name="q" size="31" />
<input type="submit" name="sa" value="Search" />
</div>
</form>

<script type="text/javascript" src="http://www.google.com/coop/cse/brand?form=cse-search-box&amp;lang=en"></script>


Anda ganti kode ini : partner-pub-0151289914910336:5mheztq8ksi dengan kode unik Akun Google Search anda yang dikirim ke Gmail anda kemudian anda bisa simpan pada widget HTML/Java Script atau pada elemen HMTL blog anda kemudian save selesai Google Search Custom anda sudah jadi. Sekedar tambahan sobat bisa juga menganti kata 'search' pada kode ini : value="Search" dengan 'Go' atau 'Cari' dsb. Selain itu sobat bisa juga mengatur lebar kotak pencarian sobat dengan mengubah ukurannya pada kode : size="31" menjadi lebih kecil nilainya atau lebih besar.

Semoga bermanfaat Wassalaamualaikum.
Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Pasang Widget Google Custom Search"

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya silahkan tinggalkan komentar