Membuat Buku Tamu Sederhana Dengan PHP dan Mysql


Lazada Indonesia
PHP adalah salah satu script yang banyak digunakan dalam pembuatan sebuah website, banyak yang mengunakan PHP karena kinerjanya dan sifatnya yang open source, PHP adalah script yang berhubungan dengan database kalau di ibaratkan sebuah toko PHP adalah karyawan yang bertugas di gudang penyimpanan sedangkan yang bekerja di etalase atau bagian depan itu kerjaanya HTML, CSS, atau Java Script, jadi tugas PHP adalah menyediakan apa yang orang minta dari gudang atau dalam bahasa program yaitu database, kira-kira begitulah pengertian nya.

Oke kita langsung saja pada inti nya kita akan melihat bagaimana sistem kerja PHP dalam hal menyajikan  data dari gudang penyimpanan atau dari database, mula-mula kita akan membuat database pada localhost cara penginstalan local host sudah pernah saya tulis disini database yang saya pakai kali ini mengunakan Php My Admin yang ada pada Xampp, Xampp nya sobat bisa download disini.

Oke kita mulai pertama kita buat Data base di Phpmyadmin, buka browser anda kemudian ketikan local host pada addres bar maka akan tampil tampilan xampp nya pada Phpmyadmin kita akan membuat data base

CREATE TABLE `bukutamu`.`tamu` (
`id` MEDIUMINT( 3 ) NOT NULL AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY ,
`nama` VARCHAR( 50 ) NOT NULL ,
`email` VARCHAR( 100 ) NOT NULL ,
`komentar` TEXT NOT NULL )
ENGINE = MYISAM

nah kita baru saja membuat data base dengan nama buku tamu dengan tabel tamu di dalamnya

Sekarang kita akan membuat form dengan nama form_tamu.php untuk menginput buku tamu dengan isian nama emali dan komentar ini script nya.


<form action="simpan.php" method="post">

Nama : < input type="text" name="nama">

Email <input type="email" name="email">

Komentar <textarea name="komentar"> </textarea>

input type="submit" value="kirim"

</form>

Nah sekarang kita sidah punya form untuk menginput komentar, apakah komentar nya sudah bisa disimpan ? tentu saja belum.. kiat belum membuat action untuk menyimpan komentar kita. Sekarang kita akan membuat action dengan nama simpan.php sesuai nama yang ada pada form komentar.

<?php
mysql_connect ("localhost", "root", "");
myql_select_db ("bukutamu");
$nama = $_POST ['nama'];
$email = $_POST ['email'];
$komentar = $_POST ['komentar'];

$kueri = "INSERT INTO tamu (nama, email, komentar) VALUES ('$nama', '$email', '$komentar')";
$sukses = mysql_query ($kueri);

if ($sukses)
echo "Input komentar sukses";
else
echo "Input komentar gagal ! ulangi";

?>

Setelah membuat skrip untuk menyimpan komentar dan data di database sekarang kita akan membuat skrip komentar yang akan menampilkan komentar-komentar yang telah masuk ke database, kita akan membuat skrip dengan nama : tampil_komentar.php

<?php
mysql_connect ("localhost", "root", "");
mysql_select_db ("bukutamu");

$tampil = "SELCT * FROM tamu ORDER BY id DESC " ;
 $hasil = mysql_query ($tampil);
while (mysql_fetch_array ($hasil))

{
echo "Nama : $data[nama]";
echo "Email : $data[email]";
echo "Pesan : $data[pesan]";
}
?>

Nah buku tamu sudah, untuk menginput komentar sobat bisa buka form_tamu.php kemudian untuk menampilkan data komentar sobat bisa membuka tampil_komentar.php  o ya jangan lupa save dalam satu folder beri nama bukutamu kemudian save di direktori C-xampp-htdocs coba buka browser pada address bar ketikan localhost/bukutamu/form_tamu.php, selamat mencoba semoga berhasil dan sampai jumpa di postingan berikutnya.
Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Membuat Buku Tamu Sederhana Dengan PHP dan Mysql"

  1. Nice Post sob.! lagi belajar bikin web sendiri nih. perlu yang satu ini. Salam kenal+kompak sajah sob. mampir sekalian follow ah. ditunggu knjngn+komentar+follbacknya ya?? :D

    BalasHapus
  2. makasih gan keren banget ane jadi terbantu :)

    BalasHapus
  3. matur tank qyuuu, sudah dicoba, tp kenapa ketika mau input kedua kalinya, pesanya adalah "Input komentar gagal ! ulangi"...mohon pencerahanya, karna semua tulisan sdh sama persis, dimana letak kesalahanya.

    BalasHapus
  4. banyak kemungkinan terjadinya eror...jika pada saat awal bisa input komentar... biasa itu eror di database nya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya silahkan tinggalkan komentar