Sejarah Singkat Motor Vespa


Lazada Indonesia
Motor Vespa
Motor Vespa adalah motor keluaran Italia, perusahaan pembuat Vespa adalah Piaggio & Co SpA dari Pontedera (1864-1938), yang di dirikan oleh Rinaldo Piaggio di  Italia pada tahun 1946Perusahaan ini pada awalnya bergerak di bidang transportasi massal seperti kereta api lokomotif dan pada awal perang dunia ke 2 perusahaan ini adalah pemasok utama pesawat tempur, namun ketika pasukan sekutu melakukan pengeboman pada infrastruktur industri di Italia, Piaggio Costruzione Meccaniche Nazionali di pabrik-pabrik di Pontedera Finale Ligure, Genoa dan Pontedera hancur total.

Pada masa-masa rekonstruksi setelah Perang Dunia II berakhir, Perusahaan Piaggio yang mulai bangkit kembali yang saat itu diteruskan oleh Enrico Piaggio anak dari Rinaldo piaggio, namun perusahaan itu tidak lagi memproduksi kapal dan kereta api lagi akan tetapi beralih ke   alat transportasi murah yang bisa di jangkau, dan mulailah motor Vespa di produksi.

Motor Vespa
Vespa 1943

Motor Vespa
Vespa 1945

Motor Vespa
Vespa 1946

Motor Vespa
Vespa 1947

Motor Vespa
Vespa 1949

Motor Vespa
Vespa 1950

Motor Vespa
Vespa 1953

Motor Vespa
Vespa 1955

Motor Vespa
Vespa 1956

Motor Vespa
Vespa 1957

Motor Vespa
Vespa 1958

Motor Vespa
Vespa 1959

Motor Vespa
Vespa 1962

Motor Vespa
Vespa 1963

Motor Vespa
Vespa 1964

Motor Vespa
Vespa 1966

Motor Vespa
Vespa 1967

Motor Vespa
Vespa 1968
Motor Vespa
Vespa 1978

Penyebaran motor Vespa hampir ke seluruh dunia termasuk Indonesia, dikarenakan Vespa mempunyai penggemar fanatik hal ini menyebabkan Vespa tidak bisa berkembang menjadi besar, banyak sekali klub-klub pecinta Vespa klasik maupun modifikasi yang enggan membeli Motor Vespa keluaran terbaru dan Vespa modifikasi terbagi menjadi beberapa aliran diantaranya :

Racing :

Bagi yang suka bermain di torsi dan kecepatan. sekarang pun dengan kembali bangkitnya event road race dan drag race untuk kelas vespa, maka penganut gaya racing pun kembali bermunculan dalam hal regenerasi. aliran ini hampir di setiap negara ada.

Retro klasik :

Bagi penggemar vespa yang suka dengan tampilan gaya klasik. mereka merubah tampilan vespa mereka dengan mengaplikasikan beberapa accessories vespa mengacu pada jaman kejayaan vespa pada dekade tahun 1950 sampai dengan tahun 1980 an. aliran ini hampir di setiap negara ada.

Original :

Aliran ini di aplikasikan bagi mereka (penggemar aliran ini.red) yang memang sengaja mempertahankan kondisi original vespa atau membangun kembali vespa mereka dengan spare part dan accessories original sesuai dengan part number dan serial number part vespa pada jaman vespa itu di buat. jadi bagi para penganut aliran ini pun tak segan2 merogoh kocek dalam dalam demi memburu part dan accessories untuk mengubah motor mereka layak nya vespa yang keluar dari dealer pada jaman itu. kebanyakan vespa yang menganut aliran ini adalah antara tahun 1950 an sampai dengan tahun 1970 an. aliran ini hampir di setiap negara ada.

Custom :

Aliran ini kebanyakan merubah tampilan vespa mereka, namun ada pula yang menghilangkan wujud asli vespa dan ada juga yang tetap mempertahankan struktur rangka asli nya, namun mereka biasanya melakukan perombakan di beberapa sektor body, konstruksi kaki2 dan juga sampai merambah ke mesin. aliran ini ada hampir di tiap negara

Chooper :

Penganut aliran ini sudah sama sekali menghilangkan bentuk asli vespa dengan mengganti chassis sesuai dengan selera dan mereka merubah konstruksi kaki, body dan semuanya. yang tersisa dari vespa hanya lah mesinnya saja. aliran ini terbesar penganut nya ada di kawasan indonesia namun minoritas di beberapa negara

Army :

Aliran ini terbesar mayoritas nya ada di Indonesia. Mereka biasanya merubah tampilan vespa mereka dengan cat hijau dof, coklat gurun dan menambah kan beberapa accessories perlengakan perang seperti kotak peluru, peluru renteng yang sdh tidak aktif, selongsong peluru, bahkan sampai tabung meriam pun kadang menghiasi vespa mereka. memang vespa pernah mengeluarkan vespa ACMA (arteleri construction military at accessories) yang di gunakan sebagai pengangkut peluru dan beberapa bazooka pada era perang 1950 antara italia dengan jerman.

Trash / kumuh :

Nih dia gan, penganut aliran ini bisa di sebut dengan aliran extrem. mereka memodifikasi vespa mereka dengan memanjang kan body vespa hingga beberapa meter, terkadang juga masih di tambah dengan sespan (kereta samping). dengan warna yang kusam dan dan suara yang menggelegar, mereka pun siap bertarung dengan jarak dan waktu bersama vespa mereka menempuh perjalanan yang panjang. ada juga beberapa aliran ini yang memodifikasi vespa mereka dengan accessorie seperti sampah, botol bekas dan panci dan lain sebagainya. memang aliran modifikasi mereka seperti ini, semakin kumuh vespa tersebut maka semakin mantap dalam aliran ini. inilah jati diri kita..itulah teriakan para penganut aliran ini. aliran ini penganut terbesar nya hanya ada di Indonesia. sedikit di negara lain bahkan mungkin tidak ada di negara lain.


Mods :

Inilah aliran yang paling banyak dianut oleh mayoritas penggemar vespa di dunia. aliran ini berawal dari inggris. penganut aliran ini mengaplikasikan accessories yang berlebih di vespa mereka. dengan penambahan front rack, spion dalam jumlah yang banyak, lampu2 depan (ingat jaman sinetron lupus yang di bintangi irgi) crash bar dan lain2 nya. memang jumlah spion yang sangat banyak dan pemakaian accessories tubuh seperti jaket parka, sepatu docmart dll memang menjadi identitas bagi pengikut aliran ini. aliran ini tersebar di seluruh dunia.[kaskus]
Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Singkat Motor Vespa"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya silahkan tinggalkan komentar