Cara Membuat Busur Panah Takedown


Lazada Indonesia
Cara membuat busur panah takedown ada banyak caranya, ada yang masih memakai cara dan bahan-bahan tradisional, ada juga yang sudah menggunakan cara dan bahan yang modern, yang memakai cara tradisional biasanya memakai bahan kayu dan bambu, sementara yang modern biasanya memakai bahan fiber, alumunium dan lain-lain.

Saya sendiri kenal panahan sudah dari kecil kalo di kampung dulu waktu saya masih kecil, yang namanya mainan anak-anak jauh dari kata modern seperti kebanyakan anak-anak jaman sekarang, mainan kami tidak jauh dari ketapel, sumpit, dan panah-panahan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada kesempatan ini saya akan menulis sebuah tutorial yang saya rangkum dari berbagai sumber, mudah-mudahan bisa menjadi panduan bagi anda yang ingin membuat busur panah sendiri. Busur panah itu sendiri terdiri dari 3 bagian :

- Tali Busur
- Grip atau Gagang Busur
- dan Limb

Kemudian bahan apa saja yang kita perlukan untuk membuat sebuah busur panah takedown ? perlu saya jelaskan terlebih dahulu mengenai busur panah model takedown, model ini aadalah model standar olahraga panahan.

Oke kita lanjut bahan pertama yang anda harus siapkan adalah bahan untuk grip atau pegangan, grip biasanya dibuat dari kayu dengan kualitas yang baik seperti kayu jati, mahoni, kamper dan lain-lain, ukurannya adalah sebagai berikut. Tinggi : 55 cm Lebar : 11 cm dan Tebal : 4,5 cm contohnya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

limb busur panah



limb busur panah

limb busur panah


Kemudian untuk bahan limb, adan bisa menggunakan pipa paralon yang digepengkan kemudian di pres atau dibentuk dengan menggunakan cetakan, diusahakan pipa yang digunakan adalah pipa merek rucika karena pipa ini tebal dan kuat, namun dari informasi yang saya dapat dari teman-teman yang sudah lama berkecimpung dengan olahraga panahan bahan pipa pvc kurang bagus, masih kalah bagus dengan limb berbahan bambu, dan bambu yang digunakan adalah bambu petung.

Tapi jika anda baru pertama kali belajar membuat busur panah tak masalah bila menggunakan bahan pvc karena cukup mudah dalam pembuatan nya, sedangkan untuk bahan bambu anda memerlukan skil dan keterampilan serta ditunjang dengan peralatan yang lengkap.

Foto dibawah ini adalah mal atau cetakan untuk membentuk limb, jadi ketika pvc sudah dipanaskan kemudian dimasukan kedalam cetakan ini kemudian di pres untuk mendapatkan bentuk lengkung pada pipa pvc

cetakan untuk membentuk limb agar lengkung

Dibawah ini adalah busur panah takedown dalam posisi dibongkar, kelebihan busur takedown dari busur panah tradisional adalah bisa dibongkar pasang sehingga praktis jika dibawa kemana-mana.


Dibawah ini adalah busur takedown dengan limb berbahan dasar bambu.

cara membuat panah takedown

Semoga postingan ini bisa membantu anda dalam membuat sebuah busur panah, jika ada kritik saran atau masukan silahkan berkomentar di kolom komentar dibawah ini.


Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Busur Panah Takedown"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya silahkan tinggalkan komentar