Cara Membuat Pesawat Tenaga Karet


Lazada Indonesia
Pesawat tenaga karet, dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa pesawat ini degerakan dengan tenaga karet, tapi bukan pesawat beneran lho hanya mainan pesawat tapi beneran bisa terbang, bagi para pecinta mainan pesawat terabang remote control mungking sudah tidak asing dengan Aeromodelling, aeromodelling adalah sebuah hobi yang berhubungan dengan miniatur pesawat.

Bahan utama yang diperlukan untuk membuat sebuah pesawat terbang tenaga karet adalah kayu balsa, kayu balsa adalah kayu yang mempunyai bobot yang ringan sama halnya dengan kayu sengon atau albasiah, namun kayu balsa memiliki kekuatan atau elastisitas yang tinggi dibanding kayu-kayu sejenis, pertama kita siapkan bahan-bahan nya dulu.




1. Kayu Balsa

2. Kertas wajit kalo kata orang sunda, kertas kuning yang suka dipakai bendera kalo ada orang meninggal :)

3. Kawat baja atau kawat senar gitar


4. Karet tan bisa diganti karet gelang


5. Botol bekas soft drink diusahakan yang memiliki permukaan yang rata seperti Big C*la

6. Bekas tempat tinta balpoint atau pulpen

Peralatan


1. Pisau / Cutter


2. Lem kertas atau kayu


3. Super Glue

4. Penggaris


5. Jangan lupa download dulu pola disini


Pertama-tama potong kayu balsa sesuai pola






Kemudian rekatkan setiap pola dengan lem superglue hingga terbentuk rangka seperti ini


Setelah itu tutup sayap dan bagian ekor dengan menggunakan kertas kado atau kertas wajit


Jangan lupa buat baling-baling dengan botol bekas setelah itu pasangkan pada bagian depan pesawat

Oh ya untuk bentuk sayap juga macam-macam jika yang di dalam pola terasa sulit sobat bisa membuat seperti contoh dibawah ini.










Kalo masih bingung juga tinggal searching aja Hangar Rat atau Ruber ban powered plane selamat mencoba ya bro kita bertemu dipostingan selanjutnya.
Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "Cara Membuat Pesawat Tenaga Karet"

  1. Keren..aku akan mencobanya..
    Trimakasih infoya

    BalasHapus
  2. Keren..aku akan mencobanya..
    Trimakasih infoya

    BalasHapus
  3. sama-sama gan selamat berkreasi

    BalasHapus
  4. bahan bakunya beli di mana sob?

    BalasHapus
  5. bahan baku beli di mana sob?

    BalasHapus
  6. kalau untuk karet nya nyarinya di toko apa nih?

    BalasHapus
  7. toko online juga gan, soalnya yg jual karet nya juga jarang gan

    BalasHapus
  8. Gan bisa berapa lama bertahan di udaranya gan

    BalasHapus
  9. tergantung berapa banyak putaran karet buat gerakin baling2 nya gan, semakin banyak putarannya biasanya semakin lama terbangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gen aq mau nnya ni klo bahan membut pesawat nya bisa pake kertas biasa gax?

      Hapus
    2. Maaf gen aku nnya ni bisa gax sayap pesawat pake kertas biasa atu yah seder hana lah,,,,

      Hapus
    3. bisa saja pake kertas biasa, tapi nantinya akan menambah berat pesawat, itulah kenapa buat pesawat-pesawatan disarankan pake kayu balsa biar ringan dan bisa terbang

      Hapus
  10. Kayu balsanya yg balok atau yg steak sama tebalnya berapa balsanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang stik biasanya dipakai buat rangka sayap tebal nya 1 sampai 2 mm, kalo untuk bodi nya pakai yang tebal 4 mm

      Hapus
  11. Klo beli jadinya dmn mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang Jual Online juga banyak mas ?

      Hapus
  12. waaaah sangat-sangat dah brow, dari pada beli mendingan bikin sendiri tetapi saya kasih saran dikit boleh ?
    lebih bagus kalo ada tutorial videonya gan

    BalasHapus
  13. wah bisa ya ternyata pake karet hehe. kapan2 buatlah :)

    BalasHapus
  14. Thanks tutorialnya

    http://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/news/inilah-desain-dan-dimensi-mobil-camry-dari-toyota/#news

    BalasHapus
  15. wahh keren, sangat kreatif..
    jangan lupa kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com yaa
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  16. Mantap gan.. ini yang saya cari2 mudah2an bisa langsung dicoba.. bisa juga untuk Bisnis nih... tks ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya silahkan tinggalkan komentar