Akira Yoshizawa Bapak Origami Modern


Lazada Indonesia
image : http://www.amusingplanet.com
Origami adalah seni melipat kertas dari jepang yang cukup kuno, ditemukan pada abad ke 17 dan mulai beredar luas ke seluruh penjuru dunia pada pertengahan tahun tahun 1900. Jika kita selama ini mengenal bentuk-bentuk origami hanya yang simpel-simpel saja maka sekarang ini sudah
dikenal dengan origami modern, adalah Akira Yoshizawa pencetus dari origami modern walaupun sebenarnya ada beberapa tokoh yang menjadi pencetus origami modern tapi beliau lah yang paling menonjol.

Lahir pada 14 Maret tahun 1911 sejak umur 2 tahun Akira kecil mulai belajar melipat kertas baru pada tahun 1983 ketika beliau bekerja pada tambang besi beliau mulai serius mempelajari origami, pertama kali dikenal publik jepang pada tahun 1952 ketika karya-karya beliau yaitu beberapa origami zodiak jepang dimuat dalam sebuah majalah bergambar Asahi Graf.

image : http://www.amusingplanet.com
Dua tahun sebelumnya yaitu pada tahun 1950 Akira pernah memamerkan karya-karya nya pada pameran kecil pada pertemuan guru-guru di Utsonomia Education, beberapa tahun kemudian beliau yaitu pada tahun 1955 beliau memamerkan karya-karyanya dalam pameran yang berskala lebih besar di Ginza yang di sponsori oleh Tokyo Elektrik Power.

image : http://www.amusingplanet.com
Akira Yoshizawa mulai dikenal dunia internasional ketika Dr. Gershon Legman memamerkan karya-karya beliau dalam sebuah pameran di Museum Stedelijk, Amsterdam. pada tahun 1955.Tahun 1959, Mrs.Lilian Openheimer berkunjung ke Tokyo untuk bertemu Akira dalam rangka pedirian Origami Center of America.Mrs Lilian mebuat sebuah pameran di Museum Cooper Union di New York dengan title “Plane Geometry and Fancy Figure” inilah pertama kalinya karya-karya nya dipamerkan di daratan Amerika

Karena dedikasi beliau dalam mengenalkan seni tradisi Jepang ke dunia kaisar Jepang pada saat itu Hirohito menganugerahi Order of the Rising Sun, sebuah penghargaan tertinggi untuk seorang warga negara Jepang.

Sepanjang karir nya beliau telah menciptakan 50.000 origami berbagai bentuk dan ukuran selain itu  beliau diangkat sebagai duta budaya internasional untuk Jepang sepanjang karirnya dan telah berkeliling ke berbagai belahan dunia untuk mengajarkan Origami, beliau juga pencetus teknik wet folding, teknik melipat dalam keadaan basah teknik ini mengubah paradigma tentang origami dari kerajinan rakyat kuno menjadi karya seni modern.

Karya-karya beliau telah di buku-kan menjadi 18 judul buku diantaranya :

  1. Origami Geijutsu(Art of Origami)
  2. Origami Tokuhon I(Origami Reader I)
  3. Origami Tokuhon II(Origami Reader II)
  4. Tanoshi Origami(Joyful Origami)
  5. Origami Ehon(Origami Picture Book)
  6. Yasashi Origami (Easy Origami)
  7. Utsukushii Origami(Beautuful Origami)
  8. Origami Hakubutsushi I(Origami Museum I)
  9. Origami Hakabutsushi II(Origami Museum II)
  10. Sosaku Origami(Creative Origami)
  11. Tanoshi Origami(Pretty Origami)
 dikutip dari berbagai sumber
Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akira Yoshizawa Bapak Origami Modern"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya silahkan tinggalkan komentar