Sejarah Nasyid di Tanah Melayu


Lazada Indonesia
Sejarah Nasyid di Tanah Melayu memang begitu menarik untuk kita ketahui, Nasyid itu sendiri berasal dari bahasa arab secara bahasa yang artinya Lagu atau Senandung  sedangkan secara harfiah Nasyid itu berarti nyanyian yang bercorak Islam dan mengandung kata-kata nasihat, kisah para nabi, memuji Allah, dan yang sejenisnya.

Perkembangan nasyid di ranah melayu  itu sendiri dimulai dari era tahun 80-an, dimasa itu nasyid dalam masa merintis diawali sebuah grup nasyid Nada Murni dan The Zikr namun pada tahun 1994 mereka bubar karena yayasan Al-Arqam tempat mereka bernaung dilarang di Malaysia, setelah 2 tahun vakum kemudian pada tahun 1996 mantan personil The Zikr Nazrey Johany dan Zairy Ahmad (sudah meninggal) mengumpulkan kembali mantan personil The Zikr kemudian membentuk tim nasyid Raihan yang beranggotakan 5 orang. mereka adala Zairy Ahmad sebagai ketua tim, Nazrey johaney sebagai vokalis utama (di The Zikr juga sebagai vokalis utama),Abu Bakar md Yatim, Che Amran dan Amran ibrahim.

Setahun kemudian Munif Ahmad (mantan vokalis no 2 Nadamurni) juga mengumpulkan 2 orang mantan personil Nadamurni dan satu orang mantan personil The Zikr, kemudian mendirikan tim nasyid Hijjaz. Hijjaz terdiri atas munif Ahmad, Faizal, Isman Nadim Isam, Salleh Ramli (sudah meninggal, mantan The Zikr) dan Arifin (menggantikan Saleh ramli). Beberapa bulan kemudian Asri ibrahim (meninggal tahun 2008) yang merupakan ketua tim nasyid Nadamurni mendirikan tim nasyid Rabbani. semua personil Rabbani merupakan mantan personil nadamurni.

Setelah itu bermunculan tim nasyid yang lain seperti Brothers, Firdaus, Now See Heart, In Team dll. namun seiring berjalannya waktu dan kesibukan personil masing-masing tim nasyid berganti-ganti. dan yang tidak ganti personil sampai sekarang hanya Hijjaz dan Rabbani. kedua tim ini mengganti personil karena ada yang meninggal.

Sedangkan di Indonesia era nasyid di awali oleh grup acapela Snada yang kemudian diikuti Izzatul Islam, Shoutul Harakah, Hawari, Edcoustic dll. Nasyid mengalami perkembangan yang cukup menarik dimana pada awal kemunculannya nasyid dibawakan dengan iringan musik perkusi seperti rebana drum dll, kemudian dibawakan secara acapela sampai dengan alat band lengkap.

Nada Murni





http://nadamurni.blogspot.com/


The Zikr














Raihan


































Rabbani



















Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sejarah Nasyid di Tanah Melayu"

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya silahkan tinggalkan komentar