Cara Alternatif Mendapatkan Gas Untuk Bahan Bakar

Sejak digantikan nya bahan bakar minyak tanah dengan bahan bakar gas beberapa tahun, masyarakat tentunya mau tak mau harus beralih ke bahan bakar gas, bukan nya minyak tanah tidak ada tetapi harganya yang melambung tinggi sehingga harganya tak terjangkau bagi masyarakat kebanyakan karena subsidi nya dicabut oleh pemerintah, sedih ya negara kaya raya begini tapi rakyatnya sengsara.


Ngomong-ngomong soal gas, ternyata ada beberapa cara alternatif untuk mendapatkannya tanpa harus beli di abang-abang tukang gas dan galon yaitu dengan gas dari alam atau bahasa keren nya Bio Gas , cara pertama adalah dengan memendam kotoran sapi di satu tempat atau ruangan khusus yang tertutup semacam tong air kemudian udara hasil pendaman kotoran sapi tersebut disalurkan ke rumah-rumah yang digunakan untuk ibu-ibu memasak didapur, cara ini saya pertama kali lihat disebuah liputan TV luar negeri (lupa saya TV apa) yang meliput sebuah peternakan yang memanfaatkan kotoran sapi untuk mendapatkan gas untuk memasak.

Beberapa Energi Alternatif Pengganti


Saya juga pernah melihatnya di liputan TV lokal yang meliput sebuah peternakan di daerah Bandung yang melakukan cara yang sama untuk mendapatkan gas yang kemudian disalurkan ke rumah-rumah warga untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar kompor untuk memasak di dapur, saya juga pernah melihat video di youtube, beberapa orang remaja yang melakukan percobaan dengan memendam kotoran sapi kedalam sebuah galon, hanya saja saya lupa mereka berhasil atau tidak hehehe...

Namun dari kesemua video atau liputan TV yang saya lihat tidak ada cara yang spesial dengan metode ini, hanya perlu menampung kotoran sapi didalam sebuah wadah atau ruangan tertutup yang kemudian menyalurkan udara hasil pendaman kotoran tersebut, dan sejauh ini yang saya tahu kesemuanya menggunakan kotoran sapi, saya belum mencari tahu apakah kotoran hewan lain bisa juga digunakan untuk metode ini.

Jika selama ini saya hanya tahu bahwa kotoran sapi yang biasanya digunakan, beberapa hari yang saya melihat liputan di sebuah stasiun TV swata yang meliput pemerintah kota Kendari yang memanfaatkan sampah di TPU untuk mendapatkan gas methana yang dimanfaatkan untuk gas memasak dan disalurkan kesebuah mesin mobil yang dimodifikasi menjadi mesin diesel untuk pembangkit listrik, bagi saya ini hal yang keren.

Cara yang digunakan cukup sederhana hanya dengan menutup sampah di TPU dengan tanah mengunakan escavator kemudian membuat saluran-saluran pipa yang disalurkan kerumah-rumah warga dan ke mesin diesel, kira-kira skemanya seperti gambar dibawah ini.

Skema pemanfaatan sampah menjadi bio gas
Namun dari beberapa informasi yang saya dapat gas methana ternyata berbahaya bagi manusia, seberapa jauh bahaya nya saya juga kurang tahu, tapi biasanya kalau sampai terjadi musibah keracunan biasanya ada kebocoran dari sistem diatas, makanya harus dijaga dengan baik instalasinya, nah bagaimana anda tertarik membuatnya ? selamat mencoba, jika ada kritik dan masukan silahkan berikan komentar dibawah.

Subscribe to receive free email updates: