Belajar trik dan tips SEO bareng pemula

Bagi seorang blogger harapan yang paling besar adalah jika setiap postingannya menjadi yang pertama dimesin pencariaan, atau dengan kata lain postingannya selalu tampil pada urutan pertama atau minimal tampil pada halaman pertama, orang tentu akan mebuka halaman yang pertama tampil pada mesin pencariaan sebelum membuka halaman berikutnya.

Nah bagaimana cara atau trik supaya tulisan atau postingan kita menjadi urutan yang pertamax atau minimal mejeng di pejwan (kata kaskuser), banyak sekali tips atau tutorial dari teman-teman blogger yang membagikan ilmunya bagaimana agar blog kita bagus di SEO nya.


Sebenarnya tak ada cara yang baku tentang bagaimana agar blog kita cepat terindeks dimesin pencariaan, namun dari semua artikel yang membahas tentang SEO yang pernah saya baca dari masternya para blogger ada beberapa hal yang dapat saya simpulkan atau secara garis besar kesemuanya mencakup hal-hal sebagai berikut.


1. Judul artikel.

Dalam menulis sebuah artikel terkadang kita ingin membuat sebuah judul yang membuat para pembaca penasaran sehingga dengan rasa penasaran itu kita berharap orang akan mebuka link blog kta, tidak salah memang itu merupakan trik supaya orang membaca artikel kita, namun hal yang harus kita ingat orang terkadang mencari judul langsung pada intinya atau dengan kata lain inti dari hal yang ingin dia cari, contoh misalnya seseorang ingin mencari tatacara beternak lele, hal yang paling sering orang lakukan adalah mengetik inti dari hal yang ingin dia ketahui yaitu "cara beternak lele", jadi dalam menulis judul kita buat saja judul yang mungkin orang cari.

2. Isi atau kualitas dari postingan kita.

Hal yang kedua yang harus diperhatikan adalah isi atau kualitas dari postingan kita jika bisa postingan kita harus lain dari yang lain, namun terkadang itu merupakan hal yang sulit terutama bagi para blogger pemula, namun itu bukanlah masalah besar seperti contoh pada postingan ini, kita bisa melihat sudah banyak blogger yang membahas tips dan trik SEO, sebenarnya inti dari keseluruhan artikel tersebut adalah membahas hal yang sama namun yang membuat berbeda adalah cara penyampaiannya masing-masing punya gaya dan cara penyampaiannya masing-masing dan itu sah-sah saja selama bukan copas alias copy paste.

3. Update postingan secara teratur.

Cara yang ketiga adalah mengupdate postingan di blog anda secara teratur, jika 2 cara yang diatas sudah anda lakukan maka hal yang harus anda lakukan selanjutnya adalah bagimana caranya supaya artikel yang ada diblog anda selalu segar terkadang jika sedang semangat-semangatnya ngeblog sehari bisa menghasilkan beberapa tulisan namun ketika ide untuk menulis sudah habis atau belum ada inspirasi baru untuk menulis bisa sebulan atau lebih blog anda tidak pernah diupdate dan itu biasanya menyerang blogger pemula, sebaiknya updatelah blog anda 2 hari 1 posting itu sangat bagus atau minimal 1 atau 2 minggu anda update blog anda.

4. Tulislah artikel hangat

Arti dari tips diatas artinya tulislah hal yang lagi hangat-hangatnya dibahas orang atau banyak dicari orang, contoh misalnya sekarang lagi hangat-hangatnya piala dunia, maka tulislah hal yang berhubungan dengan piala dunia seperti profil team tiap negara, jadwal pertandingan, jalannya pertandingan dan sebagainya.

5. Blogwalking

Untuk mempromosikan blog anda sering-seringlah berkunjung keblog tetangga untuk mempromosikan blog anda, memberi komentar dipostingan mengisi buku tamu dan meminta mereka untuk mengunjungi balik blog kita, denga seringnya dikunjungi blog kita maka orang akan kenal dengan log kita dan jika kualitas postingan kita bagus maka bukan tidak mungkin mereka akan berkunjung kembali dengan suka rela tanpa kita minta.

6. Menuliskan depskripsi blog anda pada meta blog anda.

Jika anda ngeblog diblogspot tentunya blog anda mempunyai kode HTML, nah letak kode meta ada pada deretan kode HTML tersebut untuk mempelajari hal tersebut anda bisa membaca artikelnnya di blognya para master seperti oom, Kang Rohman dan yang lainnya.

7. Daftarkan blog anda di di mesin pencari.

Untuk tips yang satu ini saya sudah pernah membahasnya disini, ini adalah beberapa link mesin pencari yang bisa anda tuju untuk mendaftarkan blog anda dipencarian mesin pencari.

* Google: http://www.google.com/addurl.html
* Yahoo: http://search.yahoo.com/info/submit.html
* Altavista: http://www.altavista.com/addurl/
* DMOZ / ODP: http://www.dmoz.org/add.html
* Alexa: http://www.alexa.com/support/get_archive.html
* MSN: http://search.msn.com/docs/submit.aspx

Itu merupakan sebagian tips SEO dari dan bagi pemula, semoga bermanfaat namun jika ada sobat yang mau menambahkan silahkan beri masukannya dengan senang hati saya akan menerimanya. Wassalam.

Subscribe to receive free email updates: