Tips agar blog ringan/atau tidak berat


Lazada Indonesia

Dulu waktu pertama kali mengenal blog dan mulai berguru dari para masternya ngeblog, seperti kang Rohman, Oom dan juga yang lainnya hampir semua tutorial punya mereka saya terapkan diblog saya maklumlah waktu itu saya belum terlalu paham apa sih kegunaan blog apa itu SEO, CSS, HTML, dan hal-hal yang berkaitan dengan dunia blogging.

Bagi saya isi dari sebuah blog bukanlah hal yang penting bagi saya waktu itu keindahan blog lah yang paling utama, tidak salah memang karena tampilan blog yang menarik akan membuat pengunjung betah lama-lama di blog atau website kita.

Memang indah blog saya waktu itu gambar dan imej bertebaran disana-sini warna background yang cerah menghiasi blog saya ada tulisan berjalan yang siap menyambut pengunjung.

Namun satu hal yang baru saya sadari belakangan, blog saya menjadi lama untuk diakses alias lemot, saya sempet kesel dan bertanya kenapa kok jadi begini ? maklumlah waktu itu saya masih nyubi, sekarang juga masih kok..hehehe...

Ternyata eh ternyata penyebabnya adalah script-script yang bertebaran di blog saya adalah penyebabnya, memang indah blog saya tapi susah di akses, kalau di ibaratkan cewek cantik memang tapi IQ nya jongkok....hehehe....

Oke daripada kelamaan ngobrol ngalor-ngidul gak karuan kali ini saya akan memberikan tips agar blog tidak berat dan mudah di akses.

1. Seperti yang saya singgung di atas terlalu banyak memasang script entah itu berupa gambar atau kode CSS, karena itu akan membuat blog anda menjadi berat, oleh karena itu saya sarankan jangan gampang tergoda untuk memasang ini itu.

2. pasanglah widget atau gadget yang kira-kira penting saja, contoh misalkan kita akan memasang jam, mungkin maksud anda baik ingin mengingatkan pengunjung tentang waktu, tapi bukankah di komputer mereka sudah tersedia jam otomatis, jadi hal itu mungkin tidak terlalu penting.

3. Pasang widget yang dirasa cukup penting seperti label postingan kita daftar link atau buku tamu, mengapa buku tamu cukup penting karena dengan buku tamu kita akan mengetahui siapa saja yang berkunjung ke blog kita, dan kita pun bisa berkunjung balik ke blog dia untuk menjalin silaturahmi.

4. Satu lagi hal yang perlu diingat mungkin kita suka akan warna-warna yang cerah dan kita berharap blog kita pun ingin secerah warna favorit kita, namun hal itu bukanlah hal yang menyenangkan, warna-warna yang terlalu mencolok membuat sakit mata dan membuat pengunjung tidak betah lama-lama di blog kita karena mata mereka sakit karena blog kita cerah se cerah matahari.

Oke sobat kali ini sampai sini dulu ya, lain ali insya Allah saya sambung kembali.

Wassalam

Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Tips agar blog ringan/atau tidak berat"

  1. Benar t pasang yg berguna saja

    BalasHapus
  2. Saya merasa blog saya memang lelet... mungkin kebanyakan gambar di postingan.

    BalasHapus
  3. mas, mohon sampean kunjungi blog saya dan beri saran apa yang harus saya kurangin di blog saya,,,

    BalasHapus
  4. sama bro... dulu waktu saya buat blog untuk ol shop gt... pertama dibuat sampe keren beken dah... lalu mumet gara2 berat amit... akhirnya setelah dipermak dan diperlangsing sanasini..eh tetep aja lola...haha
    akhirnya gw nyadar klo hosting tuh mempengaruhi... jadi pilihlah hosting yang good dan gratis... coba dicari... ada kok... terus dihitung waktu loadnya pake statistik..hahha kecangihen iki...ok thx

    BalasHapus
  5. iya gan blog ane lemot nih..kasih saran dong??
    kitchenindonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Artiker yang bermanfaat, Terima kasih gan...

    BalasHapus
  7. owgh begitu tho caranya, jgn lupa kunjungan balik gan.

    BalasHapus
  8. informasi yang sangat bermanfaat

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya silahkan tinggalkan komentar