Sekilas Tentang Jaringan Komputer


Lazada Indonesia
Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jaringan komputer, seperti yang kita lihat di samping, jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya, yang dihubugkan dengan kabel yang yang dengan kabel-kabel itu komputer yang satu dengan yang lainnya dapat membagi data atau informasi antara yang satu dengan yang lainnya. Nah ngomong-ngomong jaringan kita sudah faham bahwa suatu komputer tidak dapat terhubung dengan komputer yang lainnya tanpa ada kabel-kabel yang menghubungkannya antara komputer satu dengan yang lainnya.
Kabel-kabel jaringan yang dipakai ada bermacam-macam, tapi pada kesempatan ini saya akan membahas 2 jenis saja, karena jenis kabel ini yang banyak dipakai. 2
jenis kabel ini adalah cross dan straight, 2 jenis kabel ini secara fisik bentuknya sama, spepertiyng kita lihat pada gambar di bawah inibentuk kabelnya seperti ini sekumpulan kabel yang mempunyai kode warna tertentu yang tiap warna berpasangan dengan warna putih, seperti biru-putih, orange-putih, coklat-putih, dan hijau-putih, ini adalah tipe kabel RJ45 (Registered jack 45). Ini adalah kabel yang sering dipakai untuk menghubungkan komputer yang berada pada suatu jaringan. Lalu apa itu cross dan straight, cross dan straight adalah model penyusunan kabel-kabel berwarna yang nantinya akan dimasukan ke conector RG45 yang bentuknya seperti gambar dibawah ini.Ini adalah tipe conector yang mempunyai 8 port atau lubang yang nantinya akan dipasangkan pada komputer anda. Untuk pemasangan kabel straight tidaklah terlalu sulit anda hanya menyamakan kabel pada port antara ujung yang satu dengan yang lain sama persis. contoh seperti gambar ini.anda hanya perlu menyusunnya seperti ini, susunan kabel ini di pakai apabila kabel yang di hubungkan melalui switching hub terlebih dahulu, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
akan tetapi jika anda menyusunnya tanpa melalui switching hub terlebih dahulu, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


maka anda perlu menghubungkan 2 komputer ini dengan kabel yang disusun secara cross, yang susunannya seperti gambar dibawah ini.
demikian sekelumit tentang jaringan komputer, mudah-mudahan bermanfaat.
Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekilas Tentang Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya silahkan tinggalkan komentar